Pelanggaran Hak Warga dan Tanggung Jawab Bank dalam Pembiayaan Industri Semen di Pegunungan Kendeng Utara
December 5, 2022
Irvan Tengku Harja, Ahmad S. Arif, Fiona Armintasari, Dwi Rahayu Ningrum, Eka Afrina Djamhari + 2 more authors

Metrics

  • Eye Icon 5 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 5 views  //  0 downloads
Abstract

Laporan ini merupakan hasil penelitian yang melihat secara lebih mendalam praktik pemanfaatan Sumber Daya Alam (SDA) di Kawasan Pegunungan Kendeng Utara di Kabupaten Rembang dan rencana pendirian pabrik semen di Kabupaten Pati, Provinsi Jawa Tengah, yang terbukti menimbulkan dampak sosial, ekonomi, dan lingkungan terhadap masyarakat sekitarnya, termasuk masyarakat adat. Operasi industri semen di Kabupaten Rembang telah membawa dampak buruk bagi lingkungan, sosial, ekonomi dan budaya masyarakat. Kegiatan bisnis semen di Pegunungan Kendeng Utara tidak terlepas dari dukungan bank melalui pembiayaan yang mereka alirkan. Padahal, secara tertulis lembaga jasa keuangan telah memiliki komitmen dan kebijakan bank untuk mendorong praktik bisnis yang bertangggungjawab dengan memperhatikan aspek lingkungan dan sosial termasuk hak asasi manusia. Dengan demikian, dukungan yang diberikan oleh bank menjadi kritik sekaligus evaluasi karena bertentangan dengan komitmen dan kebijakan yang dimilikinya.

Selain menganalisis dampak pertambangan dan industri semen di wilayah Pegunungan Kendeng Utara khususnya di Kabupaten Rembang dan Pati terhadap hak warga. Penelitian ini juga menelusuri aliran pembiayaan keuangan pada pabrik semen dan menilai tanggung jawab bank dalam membiayai pabrik semen di kedua kabupaten tersebut.

Hasilnya, pertambangan dan industri semen di pegunungan Kendeng menimbulkan berbagai dampak negatif pada lingkungan dan kesehatan, sosial, budaya dan nilai-nilai masyarakat, serta perekonomian warga sekitar. Di Rembang, penambangan batu kapur dan gamping untuk bahan baku semen dan proses produksi semen berdampak langsung pada berkurangnya lahan dan pendapatan warga yang mayoritas petani. Aktivitas pertambangan dan produksi semen di pabrik menimbulkan polusi udara yang mengganggu perekonomian dan kesehatan warga. Debu yang ditimbulkan tambang dan pabrik menutupi selaput tanaman, mengganggu kualitas pertumbuhan tanaman pertanian. Selain itu, rumput yang berdebu tidak layak lagi menjadi pakan ternak.

Dampak lingkungan berupa polusi yang menyelimuti warga di sekitar area penambangan dan pabrik semen di Rembang, kemungkinan besar akan terjadi di Pati, berdasarkan kesamaan faktor penyebab utama aktivitas penambangan batun kapur dan proses produksi semen. Belum lagi, adanya dampak sosial yang ditimbulkan oleh pertambangan dan industri semen, baik di Rembang maupun di Pati berupa retaknya kohesi sosial. Dampak-dampak lingkungan, ekonomi, sosial dan budaya akibat pertambangan dan industri semen di Pegunungan Kendeng wilayah Rembang dan Pati utamanya dipicu oleh alpanya pihak perusahaan dalam melibatkan partisipasi warga secara patut dalam perencanaan pembangunan industri semen sehingga menimbulkan penolakan dari warga.

Berbagai persoalan yang ditimbulkan akibat suatu kegiatan usaha semestinya dapat dimitigasi dan dikelola melalui penerapan praktik usaha yang berkelanjutan. Sebagai penopang finansial, sektor jasa keuangan (SJK) turut bertanggungjawab atas terjafinya kerusakan lingkungan, sosial, dan budaya masyarakat di Pegunungan Kendeng Utara. Selama kurun waktu 2018 – 2022, aliran pembiayaan yang diterima oleh HeidelbergCement dan PT Indocement Tunggal Perkasa dari bank mencapai 2,9 miliar Euro. Pembiayaan yang diberikan oleh bank maupun investor berupa pinjaman, obligasi, kepemilikan saham maupun kepemilikan obligasi. Sementara dalam kurun waktu yang sama, PT Semen Indonesia memiliki aliran pembiayaan mencapai 228,1 juta Euro.

Siapa saja aktor yang berperan memberikan aliran pembiayaan bagi beroprasinya pabrik semen di Rembang dan Pati tersebut, temukan jawabannya pada laporan berikut ini, selamat memabaca!

Full text
Show more arrow
 

Metrics

  • Eye Icon 5 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 5 views  //  0 downloads