Defisit Jaminan Kesehatan Nasional (JKN): Mengapa dan Bagaimana Mengatasinya?
Январь 20, 2020
Eka Afrina Djamhari, Cut Nurul Aidha, Herni Ramdlaningrum, Deni Wahyudi Kurniawan, Silvia Jubline Fanggidae + 5 more authors

Metrics

  • Eye Icon 1390 views
  • Download Icon 2204 downloads
Metrics Icon 1390 views  //  2204 downloads
Defisit Jaminan Kesehatan Nasional (JKN): Mengapa dan Bagaimana Mengatasinya? Image
Abstract

Laporan ini menyajikan analisis indikasi penyebab defisit Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Indonesia dan alternatif pembiayaan untuk mengatasinya serta studi kasus terkait implementasi JKN di enam kabupaten/kota: Kota Medan, Kab. Pandeglang, Kota Bogor, Kab. Semarang, Kota Kupang, dan Kab. Mamuju. Laporan ini bertujuan untuk memberikan informasi terkait analisis akar permasalahan defisit pendanaan JKN dan analisis pendanaan alternatif melalui stimulasi perhitungan berdasarkan Cost Benefit Analysis (CBA). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan metode pengumpulan data melalui desk research dan wawancara mendalam. Selanjutnya dilakukan Cost Benefit Analysis (CBA) atau mengukur manfaat dan biaya.

Penelitian menemukan bahwa JKN sebagai ekosistem dengan berbagai pihak yang terlibat di dalamnya mengalami berbagai masalah. Indikasi akar permasalahan pelaksanaan JKN yang menunjukkan defisit keuangan juga muncul dari masing-masing pihak dalam ekosistem JKN. Penelitian juga menemukan bahwa kebijakan kombinasi antara kenaikan iuran dan alternatif pendanaan (ekstensifikasi barang kena cukai) dapat diambil untuk menyelesaikan permasalahan defisit pembiayaan JKN.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
Policy Brief 12 - Menguak Aliran Keuangan Gelap Di Enam Komoditas Unggulan Eskpor Indonesia (12th)
Policy Brief 12 \u002D Menguak Aliran Keuangan Gelap Di Enam Komoditas Unggulan Eskpor Indonesia (12th) Image
Ekuitas Kesehatan Bagi Masyarakat Miskin dan Hampir Miskin di Indonesia (JKN)
Ekuitas Kesehatan Bagi Masyarakat Miskin dan Hampir Miskin di Indonesia (JKN) Image
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 1390 views
  • Download Icon 2204 downloads
Metrics Icon 1390 views  //  2204 downloads