Advokasi Pajak Berkeadilan Alat Bantu untuk Masyarakat Sipil (Full Chapter)
Ocak 2014
Sally Golding, Matti Kohonen, Katrin Mcgauran, David Mcnair, Sophie Powell

Metrics

  • Eye Icon 392 views
  • Download Icon 530 downloads
Metrics Icon 392 views  //  530 downloads
Abstract

Alat bantu ini dibuat sebagai bagian dari proyek tiga-tahun “Menuju Pajak Berkeadilan: Membangkitkan Kesadaran, Membangun Kemampuan, Mendukung Koordinasi Internasional dan Dialog Kebijakan untuk Membuat Sistem perpajakan Nasional dan Internasional Lebih Menunjang Pembangunan”, yang diimplementasikan dari tahun 2009 sampai 2011 dengan dana dari Komisi Eropa.*)

Alat bantu ini adalah hasil dari kerjasama antara Christian Aid, SOMO dan satu kelompok acuan internasional, yang terdiri dari Tax Justice Network/Jejaring Keadilan Pajak (TJN), TJN Afrika dan Action for Economic Reform (AER). Draft pertama dihasilkan oleh Christian Aid dan SOMO dan ditinjau kembali oleh kelompok acuan. Draft ini kemudian menjadi pandu selama lokakarya dua hari yang diselenggarakan di Manila, Filipina, dari tanggal 7 sampai 8 Agustus 2010 oleh Jubilee South/Asia-Pacific Movement on Debt and Development (Yubileum Gerakan Selatan/Asia Pasifik untuk Utang dan Pembangunan kawasan Selatan/Asia-Pasifik), dan dihadiri oleh wakil-wakil masyarakat sipil dari Kenya, Zimbabwe, Vietnam, Filipina, Indonesia, Belanda, Perancis dan Inggris. Perangkat ini direvisi sesuai umpan balik yang diperoleh.

BAB 1: Mengapa Harus Berurusan dengan Pajak?
Kaitan antara perpajakan dan pembangunan sangat mendasar. Negara yang berfungsi dengan baik adalah negara yang dapat memenuhi kebutuhan pokok warganya, dengan mengandalkan penerimaan domestik untuk mencapai tujuan-tujuan pembangunan. Dengan menggunakan sistem perpajakan yang efektif, negara dapat mengerahkan sumber daya domestiknya, mendistribusikan kemakmuran dan menyediakan pelayanan dasar dan infrastruktur. Struktur perpajakan yang efektif juga dapat menciptakan insentif untuk memperbaiki pemerintahan, memperkuat saluran-saluran perwakilan politik dan mengurangi korupsi. Namun, sebagian besar pemerintah di dunia berjuang untuk memungut pajak dalam jumlah yang memadai untuk membiayai pelayanan dasar atas cara yang fair. Negara-negara Selatan khususnya, menghadapi tantangan serius karena otoritas perpajakan yang masih lemah dan penerimaan yang masih rendah, sektor informal yang besar, tekanan untuk memberikan kelonggaran pajak yang terlalu murah hati dan eksploitasi celah-celah peraturan pajak oleh Perusahaan-Perusahaan yang tidak bertanggungjawab dan oleh orang-orang kaya. Terlalu sering sistem perpajakan sangat curang terhadap kepentingan orang-orang yang paling miskin.

BAB 2: Bagaimana Mengembangkan Strategi Advokasi Pajak Anda
Bab ini membahas berbagai unsur pengembangan strategi advokasi anda, dan bagaimana meramunya bersama-sama menjadi satu resep yang mengantarkan anda pada kemenangan.

BAB 3: Panduan Melakukan Riset Pajak
Bab ini menganalisis secara mendalam komponen riset untuk advokasi pajak. Riset merupakan komponen penting dari strategi advokasi pajak anda. Riset penting untuk memberikan bukti-bukti yang dapat dipercaya untuk argumen anda dan untuk meyakinkan target dan sekutu advokasi pajak anda.

Bab 4: Aktif dalam Perpajakan
Bab ini membahas tentang bagaimana mengimplementasikan strategi advokasi pajak anda secara efektif. Bab ini meninjau berbagai kegiatan yang dapat anda lakukan sebagai bagian dari keseluruhan strategi anda.

Full text
Show more arrow
 

Metrics

  • Eye Icon 392 views
  • Download Icon 530 downloads
Metrics Icon 392 views  //  530 downloads