Akses Dan Pemanfaatan Kredit Usaha Rakyat Oleh Perempuan
Ekim 1, 2018
Perkumpulan PRAKARSA

Metrics

  • Eye Icon 418 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 418 views  //  0 downloads
Akses Dan Pemanfaatan Kredit Usaha Rakyat Oleh Perempuan Image
Abstract

Inklusi keuangan menyasar beberapa kelompok masyarakat terutama masyarakat berpenghasilan rendah, seperti pelaku usaha mikro dan wirausaha kecil yang memiliki keterbatasan permodalan hingga kelompok pekerja migran, perempuan, masyarakat di daerah tertinggal, dll. Beberapa program diluncurkan pemerintah sebagai upaya meningkatkan inklusi keuangan, seperti program Laku Pandai, Simpanan Pelajar, Jaring, asuransi pertanian dan ternak, asuransi nelayan, skema Kedit Usaha Rakyat (KUR), dll.

KUR sebagai wujud dari jangkauan negara dan institusi perbankan modern ke masyarakat lapisan bawah untuk inklusi keuangan semestinya tak lepas dari siklus aspek gender dan relasi produksi. Kebijakan KUR saat ini sayangnya belum sensitif atau memberikan afirmasi positif agar perempuan mendapat kesempatan dan akses yang mudah untuk mendapatkan KUR.

Penelitian ini mempertimbangkan konteks potensi ketimpangan maupun peluang yang dihadapi oleh perempuan pengakses KUR. Selain itu, penelitian ini juga mengambil sudut pandang bank sebagai penyedia layanan KUR dalam menghadapi kendala apa saja yang dialami dalam proses penyaluran KUR. Lebih lanjut tujuan utama dari penelitian ini adalah 1) menganalisis kebijakan pemerintah dalam penyelenggaraan Kredit Usaha Rakyat sebagai upaya mencapai inklusi keuangan, 2) menganalisis mekanisme dan tantangan perbankan dalam penyaluran Kredit Usaha Rakyat dan 3) menganalisis dampak ekonomi, sosial, dan budaya pada perempuan penerima program Kredit Usaha Rakyat.

Penelitian ini dilakukan di 3 kota/kabupaten yaitu Kabupaten Indramayu, Kota Jakarta Selatan dan Kabupaten Lombok Tengah dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan dukungan data kuantitatif.

More from this repository
KAPASITAS PEMERINTAH DAERAH DALAM MENCAPAI TUJUAN SDGS NO. 1, 5 & 10
KAPASITAS PEMERINTAH DAERAH DALAM MENCAPAI TUJUAN SDGS NO. 1, 5 \u0026 10 Image
Gerakan Sosial: Wahana Civil Society Bagi Demokratisasi
Gerakan Sosial: Wahana Civil Society Bagi Demokratisasi Image
White Paper Pemenuhan Hak-Hak Lansia Untuk Hidup Setara, Sejahtera, dan Bermartabat
White Paper Pemenuhan Hak\u002DHak Lansia Untuk Hidup Setara, Sejahtera, dan Bermartabat Image
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 418 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 418 views  //  0 downloads