Indeks Kemiskinan Multidimensi (IKM) 2012-2014
Haziran 1, 2015
Setyo Budiantoro, Luhur Fajar, Muto Sagala, Wiko Saputra, Nila Kirana + 3 more authors

Metrics

  • Eye Icon 48 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 48 views  //  0 downloads
Abstract

Laporan penghitungan IKM Indonesia ini berisi penghitungan nilai IKM pada tingkat nasional, provinsi dan kabupaten/kota. Sumber data utama yang kami gunakan adalah Susenas (Survei Sosial Ekonomi Nasional) BPS dari tahun 2012-2014. Khusus untuk tahun 2014, kami hanya mendapatkan data sampai triwulan pertama. Dengan besaran sampel Susenas lebih kurang 300.000 rumah tangga di seluruh provinsi maka kami yakin ini sangat mencerminkan kondisi riil.

Beberapa temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa daerah yang angka kemiskinan moneternya tinggi, tetapi angka kemiskinan multidimensinya rendah, begitu pula sebaliknya. Hal ini menunjukkan bahwa melihat kemiskinan hanya dari sisi pendapatan atau konsumsi saja tidak cukup dan IKM, sekali lagi, dapat dipakai sebagai "supplemen" perhitungan kemiskinan moneter. Temuan lain dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kemiskinan pada beberapa daerah sebagian besar terpusat di daerah perdesaan, yang menunjukkan bahwa perlunya pembangunan yang menyeluruh, termasuk di daerah perdesaan.

Untuk lebih lengkapnya, silakan unduh laporan berikut ini.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
Policy Brief 11 - Pengaruh Tingginya Kenaikan Harga Rokok terhadap Kebiasaan Merokok di Indonesia: Apa Kata Para Perokok
Policy Brief 15 - Sedia Payung Sebelum Renta: LANGKAH DINI ANTISIPASI LEDAKAN POPULASI LANSIA
Mengukur Indeks Tata Kelola Civil Society Organizations (CSOs) dalam Penguatan Demokrasi Substantif di Indonesia
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 48 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 48 views  //  0 downloads