Metrics

  • visibility 20 views
  • get_app 0 downloads
description Book public Perkumpulan PRAKARSA

Mimpi Kesejahteraan di Masa Lanjut Usia

Eka Afrina Djamhari, Aqilatul Layyinah, Adrian Chrisnahutama, Darmawan Prasetya, Herni Ramdlaningrum
Published 1 February 2021

Abstract

Menjadi lansia adalah hal yang alamial yang akan dialami semua orang, hal tersebut tentu ada pikiran kita. Menjadi lansia sejahtera di masa depan tentu menjadi harapan kita semua. Lalu seperti apa persiapan yang sudah kita lakukan sejak dini?

Kelompok usia produktif saat ini mendominasi total populasi penduduk di Indonesia dan dalam kurun waktu satu dekade ke depan Indonesia akan mengalami bonus demografi. Jumlah penduduk usia produktif akan mencapai lebih dari 60 persen dari total populasi penduduk. Sayangnya usia peoduktif yang ada saat ini masih didominasi oleh kelompok dengan pendidikan rendah dan tingginya pekerja di sektor informal. Belum lagi minimnya persiapan atau kepemilikan jaminan pension.

Dengan kondisi seperti ini, Indonesia perlu segera berbenah agar bonus demografi yang diprediksi akan berlangsung selama 10 tahun tidak berlalu begitu saja. Tentu ini merupakan tantangan besar bagi pemerintah Indonesia dalam menghadapi ledakan penduduk usia penduduk lansia pasca bonus demografi berlalu.

Perhatian bagi kelompok usia produktif secara eksplisit sudah disampaikan oleh pemerintah dalam RPJMN 2020 – 2024. Namun yang perlu dipastikan adalah bagaimana pemerintah bersungguh-sungguh melaksanakan komitmen peningkatan terhadap kualitas kelompok usia produktif yang tentunya harus dimulai sejak saat ini. Berbagai perbaikan perlu dilakukan mulai, dari memberikan jaminan pendapatan dasar bagi kelompok usia produktif dan memberikan sosialisasi mengenai pentingnya persiapan menghadapi masa lansia. Sehingga ketika mereka memasuki masa lansia tidak lagi membebani keluarga dan negara. Peran pemerintah daerah juga sangat penting, karena perluasan informasi mengenai jaminan hari tua atau jaminan pensiun khususnya untuk kelompok pekerja informal masih belum diketahui oleh kelompok usia produktif. Selain itu, landasan kebijakan mengenai kepesertaan jaminan pension bagi kelompok pekerja informal juga harus diperbaiki.

Penelitian yang dilakukan berupaya menangkap fenomena kondisi kelompok usia produktif secara lebih komperhensif mulai dari kondisi kehidupannya, baik dari sisi sosial ekonominya maupun persiapan yang telah dilakukan untuk menghadapi masa tua atau masa lansia. Penelitian ini juga memotret persepsi kelompok usia produktif terhadap lansia. Hal ini untuk mengetahui pemaknaan hari tua oleh kelompok usia produktif dan persepsinya terhadap masa lansia yang akan mereka jalani di masa depan.

Untuk melihat bagaimana kondisi kelompok usia produktif di Indonesia saat ini? Bagaimana persepsi kelompok usia produktif terhadap kelompok lansia saat ini dan persiapan mereka ketika mengahdapi masa lansia? secara lebih lengkap, temukan jawabannya dalam laporan ini silahkan membaca!

Full text

 

Metrics

  • visibility 20 views
  • get_app 0 downloads